Jokowi Rebutan Suara Debat Capres

Pasangan calon baik petahana maupun oposisi masih berebut Suara Debat Capres. Tingginya suara tersebut dalam arti banyaknya suara mengambang yang masih belum menentukan pilahnnya dalam ajang Pemilihan Presiden pada bulan - bulan mendatang. Komisi Pemilihan Umum telah menyelenggarakan Debat Pertama untuk pemilihan Presiden. Debat Capres tersebut akan berlangsung dalam 5 kali.
Suara Debat Capres
Suara Debat Capres

Debat Capres juga bisa menjadi sebagai ajang dalam menggaet suara mengambang yang masih belum menentukan pilihannya. Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) mengadakan Telesurvei bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC) telah merekam aktivitas perubahan sikap para pemilih suara mengambang atau swing voters. Data yang ditunjukan sehari sebelum debat terdapat 25,2% dari sebanyak 463 responden yang masih belum menentukan pilihannya.

Sedangkan setelah debat, angka tersebut berubah hanya menyisakan 9,4% responden yang masih belum menentukan pilihannya (swing voters). Pemaparan kinerja Petahana dengan pembuktian data akan menjadi kartu AS untuk menggaet suara pemilih, namun hal itu tidak mudah dilakukan karena langsung ditepis oleh berita Hoaks. Sehingga, pemilih menjadi bingung dan muncul rasa ketidakpercayaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Negara Konsumsi Kopi Terbanyak

Siasat Kenaikan Gaji PNS Pilpres

Berapa Tiket Murah Pesawat